Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wawancara : Pengertian, Tujuan, dan Persiapan dalam Wawancara



[Sosial] Teman abe, dalam artikel kali ini Abe akan membagikan sedikit pengetahuan tentang materi wawancara yang diperoleh dari kuliah komunikasi bisnis beberapa waktu yang lalu. 


Secara garis besar pokok bahasan yang disajikan adalah sebagai berikut : 

Pengertian Wawancara: Wawancara adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau autoritas atau seorang ahli yang berwenang dalam suatu masalah tertentu

Tujuan wawancara: 
  • Memberi dan memperoleh informasi (fact finding),
  • Mempelajari keyakinan dan perilaku (persuasi) 
  • Pemecahan masalah (konsultasi)
Merencanakan wawancara:
  • Tetapkan tujuan 
  • Analisis personal 
  • Lakukan analisis konteks 
  • Siapkan struktur dan pertanyaan 
Format wawancara:
  • Wawancara terstruktur, Pertanyaan sudah disiapkan 
  • Wawancara terbuka/tidak terstruktur , Dialog bebas, spontan, umum dan terbuka 
  • Wawancara stress, Melihat kemampuan pelamar dalam menjawab pertanyaan dengan cara memberikan studi kasus yang harus di pecahkan.

Wawancara kerja: komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana pewawancara akan memberikan pertanyaan penting kepada calon tenaga kerja, agar dapat mengetahui kepribadian, kemampuan, atau informasi yang dianggap penting oleh perusahaan. 

Tujuannya untuk mendapatkan informasi penting mengenai pelamar sebelum menjadi karyawan.

Tujuan ganda wawancara kerja
  1. Bagi perusahaan, Mengetahui apakah calon pelamar adalah orang yang terbaik untuk mengisi lowongan, Menggali informasi yang dianggap penting 
  2. Bagi pelamar, Mendapatkan pekerjaan yang paling cocok dengan kemampuan, Mengetahui secara detail terkait informasi perusahaan
Tahap-tahap wawancara kerja
  1. Wawancara pendahuluan 
  2. Wawancara panel 
  3. Wawancara akhir
Enam kesalahan dalam wawancara
  1. Tidak melakukan persiapan 
  2. Pakaian tidak tepat 
  3. Kurang keterampilan dalam berkomunikasi 
  4. Memberikan jawaban salah 
  5. Terlalu banyak bicara 
  6. Lupa mengucapkan terima kasih
Beberapa hal yang perlu disiapkan pelamar
  1. Melakukan riset dasar untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi 
  2. Memikirkan pertanyaan yang mungkin ditanyakan 
  3. Menyiapkan penampilan

Posting Komentar untuk "Wawancara : Pengertian, Tujuan, dan Persiapan dalam Wawancara"