Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan
Cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan tergolong mudah dilakukan. Dan di sini akan dijelaskan secara tuntas, mengapa pengguna Indosat gagal memakai kuota tersebut untuk akses internet. Beberapa caranya juga dapat dilakukan dengan mudah. Dan besar kemungkinan untuk berhasil.
Penyebab Kuota Lokal Tidak Dapat Dipakai
Sebenarnya apa kuota lokal itu? Kuota internet ini memang diberikan oleh pihak Indosat untuk lokasi-lokasi tertentu saja. Besarnya pun beragam. Tapi ada beberapa kasus yang mana kuota lokal tidak dapat dipakai. Dan paling sering, penyebabnya adalah hal di bawah ini:
1. Berada di Luar Area Aktivasi
Karena namanya kuota lokal, tentu hanya dapat dipakai di suatu daerah, yakni yang dipakai pertama kali saat melakukan aktivasi paket. Jika mendapatkan kuota lokal sebab membeli paket internet di daerah Semarang, tentu hanya bisa digunakan pada lokasi tersebut. Pengguna tidak dapat memakainya ketika ke luar kota, misal Yogyakarta.
2. Kuota Tidak Diaktifkan dengan Benar
Yang perlu diketahui pengguna provider satu ini, bahwa tidak semua paket internet menyertakan kuota lokal di dalamnya. Karena hanya beberapa paket khusus yang memiliki kuota tersebut. Misalnya yaitu Freedom Internet dan Freedom Combo. Dan jika tidak terdaftar di paket tersebut, tentu tidak akan memiliki kuota lokal.
3. Jaringan Internet Hilang
Penyebab ketiga ini juga kerap terjadi. Faktor jaringan sering kali membuat kuota yang sudah didaftarkan tidak dapat digunakan untuk akses internet. Biasanya hal tersebut berlangsung saat cuaca buruk. Atau bisa juga karena lokasi pengguna berada di daerah dataran tinggi.
Cara Agar Kuota Lokal Dapat Digunakan
Jika sudah memahami penyebab di atas, sekarang simaklah cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan yang akan diuraikan berikut. Sebenarnya ada beberapa tips. Tapi disarankan untuk melakukannya secara bertahap.
1. Mengecek Lokasi dan Paket
Sudah dikatakan bahwa kuota lokal itu hanya bisa dipakai di daerah tertentu dan berada di paket internet khusus. Dan ketika terjadi masalah, maka segera atasi dengan melakukan tahapan berikut:
- Cek apakah memiliki kuota lokal pada aplikasi MyIm3, men-dial kode *123#, atau mengirim pesan “Usage” ke nomor 363
- Jika sudah mendapatkan informasi bahwa kuota dapat digunakan, segera aktifkan mode pesawat
- Setelah itu ganti jaringan ke GSM, 2G, atau 3G. Asal tidak memakai 4G
- Pakailah kuota untuk browsing atau menonton YouTube
- Jika kuota lokal berkurang, bisa mengubah jaringan kembali ke 4G
2. Mengubah APN
Cara ini mungkin jarang dicoba oleh beberapa pengguna kartu Indosat. Tapi sebenarnya cukup mampu mengatasi masalah kuota lokal ini. Langkah-langkahnya yaitu:
- Buka Pengaturan di smartphone
- Pilih menu Jaringan Seluler
- Tekan provider yang digunakan, yakni Indosat Ooredoo
- Temukan menu APN
- Buat baru dengan menekan logo plus
- Simpan pengaturan
- Gunakan APN dengan menekan pilihan baru tersebut
3. Me-restart Handphone
Sudah menjadi hal lumrah bahwa cara yang ketiga ini mampu mengatasi berbagai masalah. Bukan hanya bug pada sistem yang akan diperbaiki. Tapi juga gangguan jaringan atau persoalan provider akan diatasi. Langkah me-restart handphone yaitu dengan menekan beberapa saat pada tombol power. Lalu tunggu prosesnya berjalan dan HP menyala lagi.
4. Menghubungi Customer Service
Bagaimana jika melakukan cara di atas tapi kuota lokal tidak dapat digunakan? Maka langkah yang tepat yaitu dengan menghubungi Customer Service dari Indosat. Ada nomor dan akun yang dapat dihubungi, yaitu:
- 123
- 02130003000
- @IndosatCare
- Indosatooredo.con
- WhatsApp resmi Indosat, bit.ly/twim3wa
Itulah cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan dengan beberapa tips. Sebenarnya dengan menghubungi customer service masalah akan segera ditangani. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya sendiri agar kuota dapat dipakai akses internet lagi.
Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan"