Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kapan Sebaiknya Wanita Melaksanakan Sholat Zuhur di Hari Jumat..?

Kapan Sebaiknya Wanita Melaksanakan Sholat Zuhur di Hari Jumat..? Hai sahabat, beberapa waktu yang lalu ada sahabat muslimah yang bertanya kepada saya, mengenai waktu sholat zuhur bagi wanita pada hari Jumat, terdorong dengan pertanyaan tersebut, saya mencoba mencari informasi untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Sholat Jumat tidaklah wajib bagi muslimah. Sebagai gantinya, ia melaksanakan shalat Dzuhur (4 rakaat) di rumahnya.

Kapan wanita melaksanakan sholat Zuhur dihari Jumat.?

Lalu, kapankah sebaiknya wanita melaksanakan Sholat Zuhur pada hari Jumat..? Apakah ketika telah masuk waktu Dzuhur atau barangkali menunggu sampai shalat Jumat para pria di masjid selesai?

Shalat termasuk ibadah yang telah ditetapkan waktunya. Allah SWT berfirman:
Sesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi kaum mukminin yang telah ditetapkan waktunya.” (QS. An-Nisa: 103). 
Ibnu Mas’ud mengatakan: “Sesungguhnya shalat memiliki waktu khusus, sebagaimana haji juga memiliki waktu khusus.” (Tafsir Ibn Katsir, 2:403)
Waktu zuhur dimulai sejak awal (matahari tergelicir ke arah Barat) sampai bayangan benda sama dgn tinggi bendanya. Dari Abdullah bin Amr ra, Rasulullah bersabda:
Waktu zuhur, sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama dgn tingginya, sebelum masuk waktu asar.” (HR. Muslim no. 612)
Dari keterangan di atas, para wanita dan orang yg tdk wajib jumatan, seperti orang sakit atau musafir, mereka bisa memulai shalat zuhur setelah masuk waktu zuhur, meskipun bisa jadi jumatan belum selesai. Terlebih, di beberapa daerah seperti Jogjakarta, jumatan disepakati untuk dimulai tepat jam 12.00. meski terkadang zuhur dimulai sebelum jam 12.00.

Para ulama komisi fatwa Al Lajnah Ad Daimah,

Wanita tidak wajib melaksanakan shalat Jum’at. Namun jika wanita melaksanakan shalat Jumat bersama imam shalat Jumat, shalatnya tetap dinilai sah. Jika ia shalat di rumahnya, maka ia kerjakan shalat Dzuhur 4 rakaat. Ia boleh mulai mengerjakan shalat Dzuhur tadi setelah masuk waktu Zhuhur, yaitu stlh matahari tergelincir ke barat (waktu zawal). Dan sekali lagi dia tdk boleh laksanakan shalat jumat (di rumah) sebagaimana maksud keterangan sebelumnya.

Kesimpulan

Seorang wanita boleh melaksanakan shalat Zhuhur saat hari Jumat di rumah mulai sejak masuk waktu Zhuhur, tidak mesti menunggu sampai para jamaah pria selesai menunaikan shalat Jumat. Hal yg sama berlaku bagi orang yg udzur tidak bisa melaksanakan shalat jumat seperti orang yg sakit(dari berbagai sumber)


Tulisan ini di sadur dari IG @fiqihwanita_

#fiqihwanita

15 komentar untuk "Kapan Sebaiknya Wanita Melaksanakan Sholat Zuhur di Hari Jumat..?"

  1. mudah-mudahan banyak dibaca kaum hawa, agar dapat mehami aturan yang diterapkan dalam islam dan tau cara melaksanakan kwajibannya

    BalasHapus
  2. Bagus nih buat para cewek harus tau .

    BalasHapus
  3. Sangat membantu... Ilmu beemanfa

    BalasHapus
  4. Oh gitu, tepat banget nih pas hari Jumat jadi bisa share ilmunya ke ibu

    BalasHapus
  5. bagus artikelnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi semuanya

    BalasHapus
  6. Semuga artikel ini dapat membantu kaum hawa

    BalasHapus
  7. subhannal artikel ini sangat bermanfat sekali untuk agama islam, terimakasih infonya.

    BalasHapus
  8. ralat subhannal menjadi "subhannallah"

    BalasHapus