Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Persepsi Konsumen : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi

Persepsi merupakan suatu proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan menginterpretasikan informasi menjadi suatu gambaran yang berarti mengenai suatu objek (Kotler dan Amstrong 2008)

                   Membuat Seblak Mudah dan Lezat

Informasi ini dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang masuk dan menciptakan sensasi terhadap seseorang, dapat berupa produk, kemasan, merek, dan iklan. Tindakan seseorang sesungguhnya dipengaruhi oleh persepsinya terhadap situasi saat itu. Namun persepsi tiap-tiap orang tidak harus sama, walaupun berada dalam situasi yang sama. Hal ini terjadi karena stimulus yang diterima, kondisi lingkungan sekitar dan kondisi masing-masing individu.


Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi Konsumen (Astuti, 2007), yaitu:
  1. Faktor pendidikan. Tingkat pendidikan formal dan non formal yang dimiliki seseorang mempengaruhi persepsi. Melalui pendidikan akan dapat meningkatkan komunikasi, keluasan pandangan dan memungkinkan perubahan gaya hidup.
  2. Faktor komunikasi. Komunikasi dapat terjadi secara verbal maupun non verbal, artinya komunikasi dapat melalui interkasi langsung (tatap muka), tetapi dapat pula secara tidak langsung melalui simbol-simbol, seperti media cetak, radio, televisi, observasi lapangan, dan lain-lain.
  3. Faktor sosial ekonomi. Seseorang yang memiliki status sosial ekonomi lebih itnggi akan mempunyai kesempatan dan mobilitas tinggi sehingga memungkinkan untuk memperoleh pengetahuan dan cakrawala berpikir yang lebih luas
  4. Kepemimpinan. Pemimpin adalah seseorang yang berpengaruh secara aktual mempunyai kecakapan mengatur kepentingan umum, memberi contoh yang baik dan bermanfaat, berlaku jujur dan berkorban harta. Pada umumnya pengelompokkan di pedesaan menunjukkan konsentrasi dan pengawasan tentang pemimpin.


Sumber : Kotler P, Armstrong G. 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 (terjemahan). Jakarta (ID): Erlangga

2 komentar untuk "Persepsi Konsumen : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi"