Persepsi Konsumen : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi
Persepsi
merupakan suatu proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dan
menginterpretasikan informasi menjadi suatu gambaran yang berarti mengenai
suatu objek (Kotler dan Amstrong 2008)
Baca juga : Makalah Sistem Informasi Pemerintahan
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi Konsumen (Astuti, 2007), yaitu:
- Faktor pendidikan. Tingkat pendidikan formal dan non formal yang dimiliki seseorang mempengaruhi persepsi. Melalui pendidikan akan dapat meningkatkan komunikasi, keluasan pandangan dan memungkinkan perubahan gaya hidup.
- Faktor komunikasi. Komunikasi dapat terjadi secara verbal maupun non verbal, artinya komunikasi dapat melalui interkasi langsung (tatap muka), tetapi dapat pula secara tidak langsung melalui simbol-simbol, seperti media cetak, radio, televisi, observasi lapangan, dan lain-lain.
- Faktor sosial ekonomi. Seseorang yang memiliki status sosial ekonomi lebih itnggi akan mempunyai kesempatan dan mobilitas tinggi sehingga memungkinkan untuk memperoleh pengetahuan dan cakrawala berpikir yang lebih luas
- Kepemimpinan. Pemimpin adalah seseorang yang berpengaruh secara aktual mempunyai kecakapan mengatur kepentingan umum, memberi contoh yang baik dan bermanfaat, berlaku jujur dan berkorban harta. Pada umumnya pengelompokkan di pedesaan menunjukkan konsentrasi dan pengawasan tentang pemimpin.
Sumber : Kotler P, Armstrong G. 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 (terjemahan). Jakarta (ID): Erlangga
nice share gan (y)
BalasHapusoke terimakasih kunjungan nya gan
Hapus