Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tak Sulit, Ini Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua

Membahagiakan orang tua. Saya rasa tak ada cita-cita lain di dunia ini yang lebih baik dan mulia dari ini.

Dua mahkluk Tuhan yang paling berjasa atas lahirnya aku, kamu, dan mereka sebagai sang anak, hingga tumbuh menjadi seseorang yang besar.

Membahagiakan kedua orang tua tercinta, secara alami telah menjadi cita-cita mulia yang tertanam dari hati kecil setiap diri kita sebagai anak.

Betapa tidak, semua kepedihan dan kesakitan telah di terima sang ibu sejak mengandung, hingga kita terlahir kedunia. Kepenatan yang luar biasa di lewati sang ayah untuk menjaga dan mendewasakan kita menjadi seorang anak  yang mampu berdiri diatas kaki sendiri. 

Pertanyaan nya adalah, bagaimana seharusnya kita membahagiakan mereka..? Membalas semua jasa yang tidak akan pernah dapat kita hitung menggunakan hitungan matematika..?

Sahabat, membahagiakan kedua orang tua tidaklah sesulit apa yang kita bayangkan.
Memberikan rumah mewah..? Membelikan pakaian bagus..? Memberikan banyak uang..?

Semua itu memang tiada salahnya selagi kita mampu mewujudkannya, namun apakah semua cukup dengan itu..?

Sebenarnya, secara pribadi saya akan sedikit bercerita mengenai perjalanan saya menemukan hal sederhana yang mampu mengukir senyum dan kebahagiaan dalam hidup mereka, orang tua.  Ada beberapa cara sederhana membahagiakan orang tua. 

Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua

1. Taat kepada kedua orang tua.

Saya yakin setiap agamaagama  menganjurkan semua anak untuk patuh kepada kedua orang tua. Wajib hukum nya bagi sang anak untuk mematuhi semua perintah orang tua selama itu baik dan tidak bertentangan dengan agama. Sahabat, seberapa hebatkah kamu sehingga kamu berani menentang dan mealawan keinginan orang tua. Carilah dunia lain, dimana kamu ttidak terlahir dari rahim seorang ibu dan disayang oleh seorang ayah, jika kamu merasa hebat.

2. Bertutur kata lembut kepada kedua orang tua

Berbicara dengan lembut adalah merupakan kesempurnaan bakti kita kepada orang tua.Bahkan dalam Al Quran, Allah menjelaskan kepada kita bahwa seorang anak dilarang menyangkal keinginan kedua orang tuanya walaupun hanya dengan ucapan penolakan yang sederhana seperti perkataan “ah”. Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “…Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kedua duanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Israa': 23). Oleh karena itu, berbicaralah kepada mereka berrdua berdua dengan ucapan yang lemah lembut dan baik serta dengan lafazh yang bagus. 

3. Mendoakan kedua orang tua

Sahabat, dalam setiap doa titipkanlah harapan kepada Allah, agar selalu menjaga dan melindungi orang tua siang dan malam, menenangkan pikiran dan menyejukkan hati mereka, dan semoga kelak kita dan mereka akan dipertemukan di tempat akhir yang terindah, yaitu syurga. 

4. Menjaga Silaturahmi kepada orang tua. 

Ada sebuah pengalaman tersendiri bagi saya pribadi kepada kedua orang tua. Sebagai anak rantau yang jauh dari orang tua terkadang terbesit rindu dalam hati untuk selalu bertemu kepada mereka. Setahun bukan waktu yang singkat untuk menahan rindu, dan harus dapat terobati saat seminggu kala bertemu, dan itu telah terlewati dengan berat selama 3 tahun hidup diperantauan. Lalu bagaimana caranya saya untuk menjaga silaturahmi kepada orang tua..?

Pertama adalah bertemu dalam doa ketika sujud kepada Allah yang maha cinta. Kedua, ialah melalui telepon, sms, dan lain sejenisnya. Sahabat, percayalah bahwa setiap saat orang tua selalu memikirkan dan merindukan kita, anaknya. Mereka selalu merasa kesepian ketika kita sibuk dengan urusan kita yang tiada habisnya.

Bayangkan ketika masa kecil dulu, mereka selalu ada setiap saat kita membutuhkan, malam saat mereka terlelap rela bangun saat kita menagis, siang mereka bekerja keras untuk membahagiakan kita.

Kesimpulan

Sahabat, semasa hidupmu bahagiakanlah mereka apapun caranya selagi itu baik, taatlah pada perintah mereka, lemah lembutlah dalam bertutur kata, doakan mereka selalu dalam lindungan Nya, dan jagalah hubungan dengan mereka. 


Jangan tunggu kamu kaya, karena kaya hanyalah bonus bagi mereka,. Perhatian dan kepedulianmu lah yang sebenarnya mereka butuhkan. 

Jangan tunda kebaikanmu untuk mereka, karena bahagia itu sederhana.

Semoga beramanfaat..!

Note : Jangan lupa support Catatan Abe, dengan cara klik Iklan di bawah yaa