Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tata Cara Mandi Wajib atau Junub dan Doanya yang Sesuai Syariat

Tata Cara Mandi Wajib atau Junub dan Doa Mandi Wajib yang Harus di Ketahui oleh Seorang Muslim. Postingan kali ini saya akan mencoba berbagi ilmu mengenai tata cara mandi wajib atau mandi junub yang baik dan benar sesuai sunnah dan syariat, serta doa dan Niat Mandi Wajib

Informasi ini saya dapatkan dari kajian yang di sampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah melalui Youtube lalu saya sampaikan kedalam tulisan ini.

Mandi wajib atau mandi junub adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan apabila Ia berhadast besar. 


Lalu apa saja yang menyebabkan seorang muslim wajib melakukan mandi wajib atau junub..?

Pada laki-laki, mandi wajib sering di lakukan karena sebab Mimpi basah. Pada wanita, mandi wajib dilakukan mungkin sebab datang bulan atau haid

Seorang Muslim wajib melakukan mandi wajib atau Junub, Jika :
  1. Keluarnya mani dengan syahwat.
  2. Bertemunya dua kemaluan walaupun tidak keluar mani.
  3. Berhentinya darah haid atau nifas.
  4. Ketika seseorang memeluk agama islam untuk pertama kali (Mualaf)
  5. Kematian, maksudnya disini adalah bahwa ketika seseorang meninggal maka yang hidup wajib memandikan orang yang meninggal.
Jika seorang muslim memenuhi salah satu syarat yang mewajibkannya untuk mandi wajib atau junub diatas, maka hendaklah ia segera melakukannya agar semua ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

Lalu bagaimana tata cara mandi wajib atau junub yang sebaiknya dilakukan..?

  1. Berniat. Adapun Niat mandi wajib adalah "Nawaitul Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbari Fardhon Lillahita'ala"
  2. Membersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali, lalu membersihkan kemaluan dan segala jenis najis dan kotoran yang menempel.
  3. Mencuci tangan dengan cara menggosokkannya ke tanah atau menggunakan sabun.
  4. Berwudhu sebagaimana ketika wudhu hendak mengerjakan sholat.
  5. Menyiram seluruh badan dimulai dari sebelah kanan sampai badan bagian kiri. Hendaklah dilakukan sambil mencuci rambut atau menggosok-gosok rambut dan sela-sela tubuh hingga seluruh tubuh basah oleh air.
Itulah tata cara mandi wajib atau junub yang harus dilakukan seorang msulim ketika berhadast besar. Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya agar jadi ladang amal jariyah.

Posting Komentar untuk "Tata Cara Mandi Wajib atau Junub dan Doanya yang Sesuai Syariat"