Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Dosa Jariyah, dan Bagaimana Cara Memutus Dosa Jariyah.?

Apa itu Dosa Jariyah, dan Bagaimana Cara Memutus Dosa Jariyah.? Halo sahabat, selama ini mungkin kita hanya mengetahui amalan jariyah yang baik saja. Namun, perlu untuk kita ketahui, bahwa sebenarnya ada yang di sebut dengan Dosa Jariyah. 

Apa Itu Dosa Jariyah..?

Hampir sama dengan pengertian amalan jariyah, namun bermakna terbalik. Dosa Jariyah, merupakan dosa yang akan terus mengalir bagi diri seseorang meskipun orang tersebut telah meninggal dunia.
Dalam hadis dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً، كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْء
“Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka,” (HR. Muslim).

Dosa jariyah, adalah salah satu dosa yang berbahaya. karena akan terus memperberat timbangan amalan buruk bagi seseorang meskipun sesorang tersebut telah meninggal dunia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghindari dosa jariyah, seperti contoh dalam artikel saya yang sebelumnya yang berjudul Dosa Jariyah Bagi Wanita yang Memajang Foto di Media Sosial.

Lalu Apakah dosa Jariyah bisa di Ampuni..? Jika Kita sudah terlanjur melakukan dosa jariyah, lalu apa yang seharusnya kita lakukan agar dosa jariyah tersebut dapat di ampuni oleh Allah SWT.

Cara Memutus Jariyah

Allah adalah zat yang maha pengampun dan maha bijaksana. Satu-satunya cara untuk bertaubat, Memutus dan menghapus dosa jariyah adalah dengan cara menyesali semua perbuatan yang telah dilakukan dan berusaha melakukan yang terbaik dalam kehidupan. 

Jika sudah terlanjur, maka sebaiknya segera bertaubat, berusaha menghapus jejak dosa tersebut semaksimal mungkin dan berlepas diri darinya, serta berusaha membuat jejak-jejak kebaikan yang diharapkan tetap akan ada walaupun jasad telah terkubur sehingga hanya pahala tetap mengalir. 

Semoga Allah memudahkan kita untuk melakukan amal jariyah dan menjauhkan kita dari dosa jariyah. Dan semoga Allah menjadikan kehidupan kita untuk menambah segala kebaikan, dan kematian kita sebagai akhir dari segala keburukan

10 komentar untuk "Apa itu Dosa Jariyah, dan Bagaimana Cara Memutus Dosa Jariyah.?"

  1. Bermanfaat sekali. Terima kasih atas ilmunya

    BalasHapus
  2. yaallah ngeri :(
    makasih gan ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. subhanallah, segala puji bagi Allah.
    makasi infonya

    BalasHapus
  4. Anak yg murtad.. Trmasuk dosa jariyah gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallahu alam Bu, anak merupakan ujian dan titipan dari Allah, dan hendak nya kita menjaga dan mendidik sesuai fitrah nya. Hanya Allah yang maha tau,

      Hapus
  5. barkallah, nasehat buat kita semua ini...

    BalasHapus