Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bolehkah Memiliki Sifat Iri..? Ini Jawaban Menurut Islam


[Religi] Bolehkah Memiliki Sifat Iri ..? Sebagai manusia biasa, terkadang rasa iri dan cemburu datang menghampiri dan hinggap di hati, ketika melihat apa yang di peroleh orang lain lebih baik dari apa yang kita miliki. Iri, dalam KBBI berarti merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain.

Lantas, bolehkah memiliki sifat iri ..? Jawabannya tentu saja tidak, karena iri adalah salah satu penyakit hati dan di larang dalam agama.
Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’ 32]
Ayat tersebut telah menjelaskan bahwa sifat dan tindakan iri hati adalah sesuatu yang dilarang karena pada hakikatnya apa yang diperoleh oleh orang lain adalah hasil dari apa yang mereka usahakan, dan allah sesungguhnya akan memberikan karunianya sesuai dengan apa yang di usahakan oleh hambanya.

Lantas bolehkah memiliki sifat iri ..? Rasulullah SAW bersabda :
Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada jalan yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)
Artinya, semua bentuk sifat iri adalah terlarang kecuali sifat iri terhadap mereka yang berbuat baik sehingga memotivasi diri untuk ikut serta dalam mengerjakan kebaikan.

Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu. (HR. Abu Dawud)

Pada akhirnya, kita harus berhati-hati pada sifat iri ini. Jangan sampai semua amalan kebaikan kita hilang begitu saja akibat penyakit hati iri.

Semoga bermanfaat..

15 komentar untuk "Bolehkah Memiliki Sifat Iri..? Ini Jawaban Menurut Islam"

  1. ah sangat menyejukkan gan.. mkasih share nya yakk.. (kristin)

    BalasHapus
  2. Sesungguhnya Allah itu maha adil, so... jangan pernah punya sifat iri, walaupun itu sulit sih

    BalasHapus
  3. Memiliki sifat iri memang ga bagus ya gan.. aplgi kl smpe mengakar dijiwa bs berabe

    BalasHapus
  4. nice post gan
    dapet siraman rohani dah :D hehe

    BalasHapus
  5. wah yg namanya iri mah emg gak ada duanya,tapi tetep aja gak baik hehe..

    BalasHapus
  6. kalo.kasusnya gini gimana kang. q punya pekerjaan di kantor trus tetangga q itu pengen juga kerja di kantor. dengan usahanya akhirnya tetangga q itu juga bisa kerja di kantor. apakah tetangga q itu punya sifat iri kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang kita tau, bahwa sifat iri itu ada di dalam hati seseorang, dan semua yang adda di hati cuma orang yang bersangkutan dan Allah yang tau, jadi kita tidak bisa judge kalo dia itu iri apa gak, dan terlepas dari semua itu berkaitan dengan kasus mbak di atas, saya pikir bagus jika tetangga mbak mampu menjadikan kecemburuan akan pekerjaan iru sebagai motivasi yang memacu usaha nya untuk mendapatkan pekerjaan yang sama dengan mbak di kantor,

      Hapus
  7. nice article, but if you want to be a blogger, try not to use religion

    BalasHapus
  8. Thanks infonya gan , sifat ini masih sedikit ada didalam diri saya

    BalasHapus