[Laporan Kunjungan Pocari Sweat] Manajemen Rantai Pasok PT Amerta Indah Otsuka, Sukabumi
Laporan Kunjungan PT Amerta Indah Otsuka, Sukabumi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Manajemen
Rantai Pasok atau disebut Supply Chain Management merupakan
pengelolaan rantai siklus barang atau produk yang pada umumnya di mulai
dari pengadaan bahan baku dari para pemasok hingga kegiatan operasional yang
dilaksanakan di perusahaan, dan berlanjut hingga ke tahap distribusi yang
ditujukan kepada konsumen akhir.
Istilah supply
chain management pertama kali dikemukakan oleh Oliver dan Weber pada tahun
1982. Supply chain adalah jaringan fisiknya, yakni perusahaan–perusahaan
yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang, maupun
mengirimkannya ke pemakai akhir, sedangkan supply chain management
adalah metode, alat, atau pendekatan pengelolaannya.
Supply chain management adalah salah satu cabang ilmu manajemen produksi yang sangat
bermanfaat, dan dalam dunia kerja dapat kita temukan dengan sangat mudah
implementasinya. Pentingnya pengelolaan rantai pasok dimulai dari pemilihan
supplier penyedia bahan baku, proses produksi dan inventory, hingga pemilihan
jaringan distribusi yang efesien , semuanya di pelajari dalam Supply Chain
Management.
Materi Supply
Chain Management telah dipelajari oleh mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi
dan Manajemen, IPB angkatan 49 dalam proses perkuliahan dikelas, namun
sebagaimana yang telah diketahui bahwa pembelajaran mengenai Supply Chain
Management akan lebih mudah diterima dan dipahami apabila mahasiswa
mendapatkan contoh secara nyata mengenai praktik pengelolaan rantai pasok
dilapangan, oleh karena itulah pada hari Rabu, 20 Mei 2015, mahasiswa
Manajemen telah mengadakan kunjungan ke PT Amerta Indah Otsuka dalam
rangka mempelajari Supply chain management secara langsung dilapangan.
1.2 Tujuan
Kunjungan
industri ini bertujuan untuk memperdalam pembelajaran dan pemahaman mahasiswa
mengenai materi kuliah supply chain management, mengetahui lebih lanjut
implementasi supply chain management di industry, dan memberikan pengalaman
serta wawasan tentang praktik pengelolaan rantai pasok.
1.3 Rumusan Masalah
Adapun dalam
kunjungan ke PT Amerta Indah Otsuka, terdapat beberapa rumusan masalah yang
akan coba dibahas, yairu sebagai berikit :
- Bagaimana profil perusahaa PT Amerta Indah Otsuka ?
- Bagaimana pengelolaan rantai pasok perusahaa PT Amerta Indah Otsuka ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil Perusahaan
PT. Amerta
Indah Otsuka merupakan anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd, yaitu
sebuah perusahaan yang bergerak dibidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang.
PT. Amerta Indah Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman isotonik, perusahaan
ini dulu belum sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya PT. Otsuka
Indonesia yang lebih dulu masuk ke Indonesia yang
bergerak di bidang farmasi. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaan
yang memasarkan produk minuman Pocari Sweat di Indonesia.
Belakangan ini selain memproduksi minuman isotonik dengan merek Pocari
Sweat, PT.Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar
yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli dengan merek
Soyjoy. Pocari Sweat mulai diluncurkan ke pasar Indonesia pada tahun 1989
melalui PT. Otsuka Indonesia.pada tahun 1990 PT. Otsuka Indonesia melakukan
penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik).
Pada tahun 1997
Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd mendirikan PT. Amerta Indah Otsuka dengan
membuka pabriknya di Lawang (Malang, JawaTimur) yang memproduksi Pocari Sweat
dengan dipimpin presiden direkturnya Yoshihiro Bando. Pada awal tahun 2001
POCARI SWEAT meluncurkan kemasan sachet 15 gram. Setelah selama 13 tahun
beroperasi dari tahun 1991 sampai 2004 pabrik di Lawang diputuskan untuk
dipindahkan ke pabrik Sukabumi pada awal tahun 2004.. Pada pertengahan
tahun 2006, pocari sweat meluncurkan kemasan PET 500
ml, kemasan PET 350 ml diluncurkan pada bulan oktober 2007,
dan pada tahun 2009 kemasan PET 2 L diluncurkan. Pada februari 2008 kantor
Sukabumi & line produksi pocari sweat kemasan PET resmi dibuka. Bulan april
tahun 2009 pocari kembali meluncurkan kemasan PET 2 liter, masih dibulan april
2010 soyjoy rasa strawberry diluncurkan.
Dalam
menjalankan proses produksinya PT Amerta Indah Otsuka lebih banyak menggunakan
tenaga mesin daripada SDM. Pabrik ini menggunakan peralatan yang berteknologi
canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di
suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle
yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan.
Pabrik ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan
koridor tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari
Sweat. Fasilitas Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area
pabrik yang nantinya akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi
tentang Pabrik Kejayan yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan
teknologi tinggi dari Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga
menghasilkan Pocari Sweat sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi
2.2 Manajemen Rantai Pasok Perusahaan
A. Alasan Pemilihan Lokasi Perusahaan
Pocari sweat
berada di malang jawa timur dan sukabumi jawa barat. Alasan memilih ditempat
tersebut dikarenakan sumber air yang berkualitas, jernih dan sesuai kebutuhan
pocari sweat, untuk lebih menekan biaya produksi dan transportasi serta
memberikan kemudahan penyediaan bahan baku.
B. Mekanisme Pemilihan Suplier
Salah satu komponen
terpenting dalam rantai pasok adalah supplier, pemilihan supplier yang tepat
dalam sebuah bisnis dibutuhkan untuk memaksimalkan keuntungan. Adapun
keuntungan yang dapat diperoleh dari efektifitas pemilihan supplier adalah :
- Agregasi sumber daya
- Berbagi resiko berdasarkan perjanjian atau kontrak yang telah disepakati
- Menemukan pilihan biaya paling rendah melalui mekanisme lelang.
PT Amerta Indah
Otsuka, adalah perusahaan yang memproduksi minuman yang berbasis kesehatan,
yaitu Pocari Sweat. Dalam pemilihan supplier PT Amerta Indah Otsuka sangat
selektif, PT tersebut memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk
menjadi supplier pamasok bahan baku produknya, Antara lain :
- Memiliki kualitas bahan baku yang unggul dan berkelas tinggi
- Memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan produksi, dengan kata lain terjamin kontinuitasnya.
- Memiliki biaya kumulatif rendah
- Memilki jarak yang terjangkau dari tempat produksi untuk meminimalisir biaya transportasi.
Secara garis
besar, PT amerta Indah Otsuka mengutamakan kualitas, kuantitas, dan biaya dalam
pemilihan supplier, dengan kriteria tersebut maka kelangsungan produksi dapat
tercapai dengan efektif dan efesien.
C. Jaringan Distribusi Perusahaan
Distribusi pada
umumnya kita ketahui sebagai kegiatan memindahkan barang dari produsen hingga
sampai ke tangan konsumen. Pada PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi mereka lebih
menyebut kegiatan distribusi mereka sebagai kegiatan distribusi fisik
dikarenakan kegiatan distribusi mereka merupakan mendistribusikan consumer
goods yang tangible yaitu barang atau produk untuk dikonsumsi yang mempunyai
wujud dan bentuk. Jadi pengertian distribusi bagi PT. Amerta Indah Otsuka
Sukabumi lebih tepatnya sebagai kegiatan memasarkan dan menjual Pocari Sweat ke
pedagang, outlet, dan perantara-perantara lainnya yang kemudian
perantara-perantara tersebut yang menjualnya langsung ke konsumen.
Kegiatan
distribusi pasti memiliki tujuan, yang mana masing-masing perusahaan memiliki
tujuan yang tidak jauh berbeda. Di sini akan dijelaskan apa yang menjadi tujuan
distribusi bagi PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi. Tujuan distribusi bagiPT.
Amerta Indah Otsuka Sukabumi antara lain adalah:
Memberikan pelayanan kepada para pelanggan dengan sebaik dan senyaman mungkin. Karena PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi tidak mendistribusikan langsung produknya ke konsumen, maka pelanggan di sini diartikan adalah para perantara-perantara yang menjual langsung Pocari Sweat ke konsumen. Jadi kepada para perantara-perantara inilah PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi memberikan pelayanannya.
Untuk menghemat seluruh pembiayaan untuk pemberian pelayanan kepada konsumen jadi biaya yang dikeluarkan bisa seminimum mungkin. Maksudnya di sini adalah PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi memberikan pelayanan kepada konsumen adalah dengan memasarkan produk mereka yang berkualitas hingga dapat dikonsumsi dan dinikmati konsumen, hanya saja penjualannya dari PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi tidak langsung ke konsumen melainkan melalui perantara-perantara. Dengan melalui perantara-perantara inilah PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi meminimalkan biaya untuk memberikan pelayanan kepada konsumen, mereka hanya memasarkan dan menjual barang melalui perantara, dan kemudian perantara-perantara inilah yang akan memberikan pelayanan kepada konsumen melalui outlet -outlet dan toko-toko mereka. Tentu dengan hanya memberikan pelayanan kepada perantara-perantara perusahaan bisa lebih menghemat biaya dibandingkan harus memberikan pelayanan kepada seluruh konsumen.
Merealisasikan laba yang direncanakan dengan melaksanakan pelayanan kepada pelanggan. Jadi dalam kegiatan pendistribusian produk pada PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi tidak hanya berfokus pada penyaluran barang atau produk mereka dari produsen ke konsumen. Melainkan mereka juga berfokus pada pencapaian laba. PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi berfokus pada pencapaian laba yang direncanakan dengan cara memberikan pelayanan kepada para pelanggan atau perantara-perantara mereka. Memberikan pelayanan kepada para pelanggan atau perantara-perantara mereka merupakan suatu hal yang sangat penting dikarenakan hanya melalui perantara-perantara inilah produk PT. Amerta Indah Otsuka yaitu Pocari Sweat bisa sampai ke tangan konsumen. Para perantara-perantara mereka inilah yang menjadi penghubung antara produsen ke konsumen.
PT. Amerta
Indah Otsuka Sukabumi hanya mendistribusikan untuk Pocari Sweat untuk wilayah
kota Sukabumi. Dalam mendistribusikan produknya PT. Amerta Indah Otsuka
Sukabumi membagi tujuan lokasi distribusinya. PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi
membaginya dalam tiga macam tujuan lokasi distribusi dengan masing-masing
salesman yang menangani daerah tersebut. Tujuan lokasi distribusi pertama
disebut wilayah retail tradisional yang meliputi seluruh pedagang-pedagang
kecil dan tradisional yang ada di kota Sukabumi dan yang menanganinya adalah
bagian sales motoris. Tujuan lokasi distribusi kedua adalah grosir dan
outlet-outlet besar yang ada di kota Sukabumi, yang menanganinya adalah team
sales canvas mobil dan tujuan lokasi distribusi yang terakhir adalah retail
modern yang ditangani oleh salesman taking order.
D. Sistem Persediaan
Salah satu
factor yang penting dalam pengelolaan rantai pasok untuk mencapai efesiensi
biaya dan produksi adalah efektifitas system persediaan yang ada. Pada PT
Amerta Indah Otsuka sendiri, menerapkan system First Expired First Out, dimana
semua barang yang memiliki waktu kadaluwarsa tersingkat akan di keluarkan dari
gudang untuk di distribusikan. Untuk tempat penyimpanan dan pergudangan produk
Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi menempatkan semua produk Pocari
Sweat di gudang yang masih berada di dalam komplek Krakatau multi center yang
tepat berada di sebelah kantor PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi.
E. Kendala dalam Pengelolaan Rantai Pasok
Adapun beberapa
kendala yang dikeluhkan adalah: kemacetan, pungutan liar, insfrastruktur yang
sangat memprihatinkan seperti jalan rusak.kondisi pelabuhan yang sangat
semrawut, mahalnya ongkos transportasi seperti mahalnya bahan bakar dan ongkos
supir .kendala-kendala tersebut merupakan suatu hal yang lazim terjadi di
Negara ini akan tetapi bila hal tersebut terus dibiarkan maka akan menjadi
suatu preseden yang sangat buruk bagi Negara kita dan yang menjadi korban bukan
hanya pengusaha akan tetapi masyarakat pun menjadi korban karena harus membayar
harga yang lebih mahal barang yang dibutuhkan akibat dari keterlambatan barang.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Secara keseluruhan, Pengelolaan rantai pasok pada PT
Amerta Indah Otsuka dinilai sangat baik, dimana dari awal jaringan rantai pasok
hingga ke tujuan akhir yaitu konsumen sudah di kelola dengan sangat baik.
Pada mekanisme pemilihan supplier, PT amerta Indah
Otsuka menetapkan kualifikasi yang tinggi, seperti kualitas bahan, kontinuitaas
pasokan, dan harga bersaing, pada calon supplier guna mencapai
kualitas produk yang baik dan dapat bersaing dipasar.
System persediaan pada PT Amerta Indah Otsuka juga di
atur sedemikian rupa dengan tujuan efesiensi biaya dan efektifitas distribusi.
Hingga pada jaringan distribusi, PT amerta Indah
Otsuka membagi tujuan lokasi distribusinya. PT. Amerta Indah Otsuka
Sukabumi membaginya dalam tiga macam tujuan lokasi distribusi dengan
masing-masing salesman yang menangani daerah tersebut. Tujuan lokasi distribusi
pertama disebut wilayah retail tradisional yang meliputi seluruh
pedagang-pedagang kecil dan tradisional yang ada di kota Sukabumi dan yang
menanganinya adalah bagian sales motoris. Tujuan lokasi distribusi kedua adalah
grosir dan outlet-outlet besar yang ada di kota Sukabumi, yang menanganinya
adalah team sales canvas mobil dan tujuan lokasi distribusi yang terakhir
adalah retail modern yang ditangani oleh salesman taking order.
Note :
1. Artikel ini adalah salah satu Tugas dari Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
2. Silahkan di jadikan referensi.
3. Jangan lupa tinggal komentar nya.
4. Iklan nya jangan lupa di klik ya.
haloo apakah bisa file aslinya kirim ke email saya di jeihan16@gmail.com ? makasih
BalasHapussudah ya sis
BalasHapusbisa minta kirim email, ellalaila58@gmail.com
Hapushalo apakah saya boleh meminta artikel ini? kirim ke email nidyafebiola@gmail.com
BalasHapushyy bolh kirimkan artikl ini k herbitan@gmail.com ?
BalasHapusHay ka, mohon bantuan untuk kirim file asli ke email saya bisa kah ?
BalasHapusnia.arsita.prahmawati@gmail.com
saya sangat membutuhkan artikel ini
terima kasih
Selamat siang mas, bolehkah saya minta filenya sebagai referensi? hhhe jika boleh, minta tolong kirim via email kristivanwidyanto@gmail.com :) Terimakasih ya mas, smoga berkah
BalasHapusSilahkan di Coppas saja mas, jangan lupa cantumin sumber yaa
BalasHapusbagus sekali kak laporannya
BalasHapusEMI