Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

[Laporan Kunjungan Pocari Sweat] Manajemen Rantai Pasok PT Amerta Indah Otsuka, Sukabumi



TUGAS MATA KULIAH MANAJEMEN RANTAI PASOK

Laporan Kunjungan PT Amerta Indah Otsuka, Sukabumi



BAB I

PENDAHULUAN



     1.1  Latar Belakang


Manajemen Rantai Pasok  atau disebut Supply Chain Management merupakan pengelolaan  rantai siklus barang atau produk yang pada umumnya di mulai dari pengadaan bahan baku dari para pemasok hingga kegiatan operasional yang dilaksanakan di perusahaan, dan berlanjut hingga ke tahap distribusi yang ditujukan kepada konsumen akhir.

Istilah supply chain management pertama kali dikemukakan oleh Oliver dan Weber pada tahun 1982. Supply chain adalah jaringan fisiknya, yakni perusahaan–perusahaan yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang, maupun mengirimkannya ke pemakai akhir, sedangkan supply chain management adalah metode, alat, atau pendekatan pengelolaannya.

Supply chain management adalah salah satu cabang ilmu manajemen produksi  yang sangat bermanfaat, dan dalam dunia kerja dapat kita temukan dengan sangat mudah implementasinya. Pentingnya pengelolaan rantai pasok dimulai dari pemilihan supplier penyedia bahan baku, proses produksi dan inventory, hingga pemilihan jaringan distribusi yang efesien , semuanya di pelajari dalam Supply Chain Management.

Materi Supply Chain Management telah dipelajari oleh mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB angkatan 49 dalam proses perkuliahan dikelas, namun sebagaimana yang telah diketahui bahwa pembelajaran mengenai Supply Chain Management  akan lebih mudah diterima dan dipahami apabila mahasiswa mendapatkan contoh secara nyata mengenai praktik pengelolaan rantai pasok dilapangan, oleh karena itulah pada hari Rabu, 20 Mei 2015, mahasiswa Manajemen  telah mengadakan kunjungan ke PT Amerta Indah Otsuka dalam rangka mempelajari Supply chain management secara langsung dilapangan.

1.2  Tujuan


Kunjungan industri ini bertujuan untuk memperdalam pembelajaran dan pemahaman mahasiswa mengenai materi kuliah supply chain management, mengetahui lebih lanjut implementasi supply chain management di industry, dan memberikan pengalaman serta wawasan tentang praktik pengelolaan rantai pasok.

1.3  Rumusan Masalah


Adapun dalam kunjungan ke PT Amerta Indah Otsuka, terdapat beberapa rumusan masalah yang akan coba dibahas, yairu sebagai berikit :

  1.  Bagaimana profil perusahaa PT Amerta Indah Otsuka ?
  2. Bagaimana pengelolaan rantai pasok perusahaa PT Amerta Indah Otsuka ?

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Profil Perusahaan


PT. Amerta Indah Otsuka merupakan anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dibidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang. PT. Amerta Indah Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman isotonik, perusahaan ini dulu belum sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya PT. Otsuka Indonesia yang  lebih  dulu  masuk  ke Indonesia yang bergerak di bidang farmasi. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaan yang memasarkan produk minuman Pocari Sweat di Indonesia.  Belakangan  ini selain memproduksi minuman isotonik dengan merek Pocari Sweat, PT.Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang  terbuat dari tepung  kedelai dan buah-buahan asli dengan merek Soyjoy. Pocari Sweat mulai diluncurkan ke pasar Indonesia pada tahun 1989 melalui PT. Otsuka Indonesia.pada tahun 1990 PT. Otsuka Indonesia melakukan penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik).


Pada tahun 1997 Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd mendirikan PT. Amerta Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang, JawaTimur) yang memproduksi Pocari Sweat dengan dipimpin presiden direkturnya Yoshihiro Bando. Pada awal tahun 2001 POCARI SWEAT meluncurkan kemasan sachet 15 gram. Setelah selama 13 tahun beroperasi dari tahun 1991 sampai 2004 pabrik di Lawang diputuskan untuk dipindahkan ke pabrik Sukabumi pada awal tahun 2004.. Pada  pertengahan tahun 2006,  pocari sweat   meluncurkan  kemasan PET 500 ml,  kemasan  PET 350  ml diluncurkan pada bulan oktober 2007, dan pada tahun 2009 kemasan PET 2 L diluncurkan. Pada februari 2008 kantor Sukabumi & line produksi pocari sweat kemasan PET resmi dibuka. Bulan april tahun 2009 pocari kembali meluncurkan kemasan PET 2 liter, masih dibulan april 2010 soyjoy rasa strawberry diluncurkan.


Dalam menjalankan proses produksinya PT Amerta Indah Otsuka lebih banyak menggunakan tenaga mesin daripada SDM. Pabrik ini menggunakan peralatan yang berteknologi canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan. Pabrik ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan koridor tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari Sweat. Fasilitas Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area pabrik yang nantinya akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi tentang Pabrik Kejayan yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan teknologi tinggi dari Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga menghasilkan Pocari Sweat sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi

2.2  Manajemen Rantai Pasok Perusahaan


A. Alasan Pemilihan Lokasi Perusahaan

Pocari sweat berada di malang jawa timur dan sukabumi jawa barat. Alasan memilih ditempat tersebut dikarenakan sumber air yang berkualitas, jernih dan sesuai kebutuhan pocari sweat, untuk lebih menekan biaya produksi dan transportasi serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku.

B. Mekanisme Pemilihan Suplier

Salah satu komponen terpenting dalam rantai pasok adalah supplier, pemilihan supplier yang tepat dalam sebuah bisnis dibutuhkan untuk memaksimalkan keuntungan. Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dari efektifitas pemilihan supplier adalah : 
  1.  Agregasi sumber daya
  2. Berbagi resiko berdasarkan perjanjian atau kontrak yang telah disepakati
  3. Menemukan pilihan biaya paling rendah melalui mekanisme lelang.

PT Amerta Indah Otsuka, adalah perusahaan yang memproduksi minuman yang berbasis kesehatan, yaitu Pocari Sweat. Dalam pemilihan supplier PT Amerta Indah Otsuka sangat selektif, PT tersebut memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi supplier pamasok bahan baku produknya, Antara lain :

  1. Memiliki kualitas bahan baku yang unggul dan berkelas tinggi 
  2. Memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan produksi, dengan kata lain terjamin kontinuitasnya. 
  3. Memiliki biaya kumulatif rendah 
  4. Memilki jarak yang terjangkau dari tempat produksi untuk meminimalisir biaya transportasi.

Secara garis besar, PT amerta Indah Otsuka mengutamakan kualitas, kuantitas, dan biaya dalam pemilihan supplier, dengan kriteria tersebut maka kelangsungan produksi dapat tercapai dengan efektif dan efesien.


C.  Jaringan Distribusi Perusahaan

Distribusi pada umumnya kita ketahui sebagai kegiatan memindahkan barang dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Pada PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi mereka lebih menyebut kegiatan distribusi mereka sebagai kegiatan distribusi fisik dikarenakan kegiatan distribusi mereka merupakan mendistribusikan consumer goods yang tangible yaitu barang atau produk untuk dikonsumsi yang mempunyai wujud dan bentuk. Jadi pengertian distribusi bagi PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi lebih tepatnya sebagai kegiatan memasarkan dan menjual Pocari Sweat ke pedagang, outlet, dan perantara-perantara lainnya yang kemudian perantara-perantara tersebut yang menjualnya langsung ke konsumen.


Kegiatan distribusi pasti memiliki tujuan, yang mana masing-masing perusahaan memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda. Di sini akan dijelaskan apa yang menjadi tujuan distribusi bagi PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi. Tujuan distribusi bagiPT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi antara lain adalah:

Memberikan pelayanan kepada para pelanggan dengan sebaik dan senyaman mungkin. Karena PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi tidak mendistribusikan langsung produknya ke konsumen, maka pelanggan di sini diartikan adalah para perantara-perantara yang menjual langsung Pocari Sweat ke konsumen. Jadi kepada para perantara-perantara inilah PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi memberikan pelayanannya.  
Untuk menghemat seluruh pembiayaan untuk pemberian pelayanan kepada konsumen jadi biaya yang dikeluarkan bisa seminimum mungkin. Maksudnya di sini adalah PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi memberikan pelayanan kepada konsumen adalah dengan memasarkan produk mereka yang berkualitas hingga dapat dikonsumsi dan dinikmati konsumen, hanya saja penjualannya dari PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi tidak langsung ke konsumen melainkan melalui perantara-perantara. Dengan melalui perantara-perantara inilah PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi meminimalkan biaya untuk memberikan pelayanan kepada konsumen, mereka hanya memasarkan dan menjual barang melalui perantara, dan kemudian perantara-perantara inilah yang akan memberikan pelayanan kepada konsumen melalui outlet -outlet dan toko-toko mereka. Tentu dengan hanya memberikan pelayanan kepada perantara-perantara perusahaan bisa lebih menghemat biaya dibandingkan harus memberikan pelayanan kepada seluruh konsumen.  
Merealisasikan laba yang direncanakan dengan melaksanakan pelayanan kepada pelanggan. Jadi dalam kegiatan pendistribusian produk pada PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi tidak hanya berfokus pada penyaluran barang atau produk mereka dari produsen ke konsumen. Melainkan mereka juga berfokus pada pencapaian laba. PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi berfokus pada pencapaian laba yang direncanakan dengan cara memberikan pelayanan kepada para pelanggan atau perantara-perantara mereka. Memberikan pelayanan kepada para pelanggan atau perantara-perantara mereka merupakan suatu hal yang sangat penting dikarenakan hanya melalui perantara-perantara inilah produk PT. Amerta Indah Otsuka yaitu Pocari Sweat bisa sampai ke tangan konsumen. Para perantara-perantara mereka inilah yang menjadi penghubung antara produsen ke konsumen.

PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi hanya mendistribusikan untuk Pocari Sweat untuk wilayah kota Sukabumi. Dalam mendistribusikan produknya PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi membagi tujuan lokasi distribusinya. PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi membaginya dalam tiga macam tujuan lokasi distribusi dengan masing-masing salesman yang menangani daerah tersebut. Tujuan lokasi distribusi pertama disebut wilayah retail tradisional yang meliputi seluruh pedagang-pedagang kecil dan tradisional yang ada di kota Sukabumi dan yang menanganinya adalah bagian sales motoris. Tujuan lokasi distribusi kedua adalah grosir dan outlet-outlet besar yang ada di kota Sukabumi, yang menanganinya adalah team sales canvas mobil dan tujuan lokasi distribusi yang terakhir adalah retail modern yang ditangani oleh salesman taking order.

D.  Sistem Persediaan


Salah satu factor yang penting dalam pengelolaan rantai pasok untuk mencapai efesiensi biaya dan produksi adalah efektifitas system persediaan yang ada. Pada PT Amerta Indah Otsuka sendiri, menerapkan system First Expired First Out, dimana semua barang yang memiliki waktu kadaluwarsa tersingkat akan di keluarkan dari gudang untuk di distribusikan. Untuk tempat penyimpanan dan pergudangan produk Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi menempatkan semua produk Pocari Sweat di gudang yang masih berada di dalam komplek Krakatau multi center yang tepat berada di sebelah kantor PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi.
E. Kendala dalam Pengelolaan Rantai Pasok

Adapun beberapa kendala yang dikeluhkan adalah: kemacetan, pungutan liar, insfrastruktur yang sangat memprihatinkan seperti jalan rusak.kondisi pelabuhan yang sangat semrawut, mahalnya ongkos transportasi seperti mahalnya bahan bakar dan ongkos supir .kendala-kendala tersebut merupakan suatu hal yang lazim terjadi di Negara ini akan tetapi bila hal tersebut terus dibiarkan maka akan menjadi suatu preseden yang sangat buruk bagi Negara kita dan yang menjadi korban bukan hanya pengusaha akan tetapi masyarakat pun menjadi korban karena harus membayar harga yang lebih mahal barang yang dibutuhkan akibat dari keterlambatan barang.



BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan


Secara keseluruhan, Pengelolaan rantai pasok pada PT Amerta Indah Otsuka dinilai sangat baik, dimana dari awal jaringan rantai pasok hingga ke tujuan akhir yaitu konsumen sudah di kelola dengan sangat baik.

Pada mekanisme pemilihan supplier, PT amerta Indah Otsuka menetapkan kualifikasi yang tinggi, seperti kualitas bahan, kontinuitaas pasokan, dan harga bersaing,  pada calon supplier  guna mencapai kualitas produk yang baik dan dapat bersaing dipasar.

System persediaan pada PT Amerta Indah Otsuka juga di atur sedemikian rupa dengan tujuan efesiensi biaya dan efektifitas distribusi.

Hingga pada jaringan distribusi, PT amerta Indah Otsuka  membagi tujuan lokasi distribusinya. PT. Amerta Indah Otsuka Sukabumi membaginya dalam tiga macam tujuan lokasi distribusi dengan masing-masing salesman yang menangani daerah tersebut. Tujuan lokasi distribusi pertama disebut wilayah retail tradisional yang meliputi seluruh pedagang-pedagang kecil dan tradisional yang ada di kota Sukabumi dan yang menanganinya adalah bagian sales motoris. Tujuan lokasi distribusi kedua adalah grosir dan outlet-outlet besar yang ada di kota Sukabumi, yang menanganinya adalah team sales canvas mobil dan tujuan lokasi distribusi yang terakhir adalah retail modern yang ditangani oleh salesman taking order.









Note : 
1. Artikel ini adalah salah satu Tugas dari Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen
2. Silahkan di jadikan referensi.
3. Jangan lupa tinggal komentar nya.
4. Iklan nya jangan lupa di klik ya.

9 komentar untuk "[Laporan Kunjungan Pocari Sweat] Manajemen Rantai Pasok PT Amerta Indah Otsuka, Sukabumi"

  1. haloo apakah bisa file aslinya kirim ke email saya di jeihan16@gmail.com ? makasih

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. bisa minta kirim email, ellalaila58@gmail.com

      Hapus
  3. halo apakah saya boleh meminta artikel ini? kirim ke email nidyafebiola@gmail.com

    BalasHapus
  4. hyy bolh kirimkan artikl ini k herbitan@gmail.com ?

    BalasHapus
  5. Hay ka, mohon bantuan untuk kirim file asli ke email saya bisa kah ?
    nia.arsita.prahmawati@gmail.com

    saya sangat membutuhkan artikel ini

    terima kasih

    BalasHapus
  6. Selamat siang mas, bolehkah saya minta filenya sebagai referensi? hhhe jika boleh, minta tolong kirim via email kristivanwidyanto@gmail.com :) Terimakasih ya mas, smoga berkah

    BalasHapus
  7. Silahkan di Coppas saja mas, jangan lupa cantumin sumber yaa

    BalasHapus