Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemimpin Ideal yang Sesungguhnya

Siapa Itu Pemimipin Ideal ?

Pemimpin Ideal adalah gabungan dari dua buah kata, Pemimpin dan Ideal. Pemimpin dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti “orang yang memimpin”, sedangkan Ideal dalam KBBI berarti “sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki”. Mengacu pada pengertian dua kata tersebut, maka Pemimpin Ideal dapat di artikan sebagai seseorang yang sangat sesuai dan memang dikehendaki dan diharapkan untuk memimpin. 

Pengertian boleh sama, karena memang berasal dari satu acuan bahasa yang sama yaitu standart bahasa Indonesia yang terangkum dalam KBBI. Namun, pada kenyataannya, Pengertian Pemimpin Ideal tidaklah sesederhana itu, berbicara tentang Pemimpin Ideal merupakan sesuatu hal yang  sangat rumit, karena setiap orang memiliki cara pandang sendiri tentang kriteria Pemimpin Ideal. 

Kata orang, Pemimpin Ideal adalah mereka yang memiliki kecerdasan dan intelektualitas yang tinggi, cerdas dalam berpikir dan cerdas dalam bertindak. Karena kecerdasan merupakan landasan utama yang menentukan setiap langkah dan keputusan yang akan di ambil untuk kepentingan banyak orang.  Pemimpin yang cerdas, akan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang cerdas pula. Kecerdasan juga akan membantu pemimpin menangani berbagai permasalahan yang dihadapi melalui strategi yang dirumuskan. 

Kata orang, Pemimpin Ideal adalah mereka yang memegang teguh asas keadilan. Bertindak adil kepada siapapun tanpa memandang status, selama itu tidak melanggar aturan dan hukum yang ada. Mendahulukan kepentingan umum dibandingan kepentingan pribadi, dan rela berkorban demi banyak orang.

Kata orang, Pemimpin Ideal adalah mereka yang memiliki tanggug jawab dan integritas yang tinggi, dalam artian berani untuk menanggung akibat dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan.  Bukan malah menutup mata dan telinga, lempar batu sembunyi tangan, dan mencari kambing hitam atas kesalahan yang dilakukan.

Kata orang, Pemimpin Ideal adalah mereka yang jujur dan dapat dipercaya semua perkataan dan tindakannya, menepati semua janji yang pernah di ucapkan, dan tidak segan untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan.

Semua itu adalah kata orang, orang  yang peduli dan terlalu mementingkan kriteria dan standart tertentu dalam menetapkan sesuatu, 

Pemimpin Ideal di Mata Masyarakat

Cobalah Anda bertanya kepada masyarakat atau kepada diri Anda sendiri “Pemimpin seperti apakah yang mereka atau Anda inginkan..?” Sebenarnya masyarakat tidak begitu peduli dengan kriteria- kriteria terebut, meski itu juga penting. Misalnya, tentang latar belakang pendidikan pemimpinnya, buat apa pintar dan cerdas, jika tidak mampu menggunakannya untuk kepentingan dan kebaikan masyarakatnya, buat apa pintar dan cerdas jika itu nanti hanya di gunakan untuk membodoh-bodohi masyarakat dengan semua program bualan dan janji kosong yang di ucapkan, ujung-ujungnya masyarakat yang kecewa.

Memang benar adanya seorang pemimpin dalam kepemimpinannya harus cerdas dan intelek agar mampu merumuskan kebijakan dengan baik, mennyelesaikan masalah dengan tepat, dan agar mampu mengelola daerah yang dipimpin dengan baik. Memiliki tanggung jawab dan integritas, jujur dalam segala ucapan dan tindakan, dan dapat dipercaya. Namun terlepas dari semua kriteria itu, Sebenarnya Pemimpin yang benar-benar diharapkan oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin mereka adalah seorang pemimpin yang mampu memenuhi hak hidup masyarakatnya, mereka ingin hidup sejahtera secara sosial maupun ekonomi, punya tempat tinggal, bisa makan, punya jaminan kesehatan, anak-anak bisa sekolah, lingkungan yang ramah, dan bebas dari hutang.

Seorang Pemimpin Ideal di mata masyarakat sesuai dengan pengertian dari KBBI yaitu seseorang yang sangat sesuai dan memang dikehendaki dan diharapkan untuk memimpin. Siapa dia ..? Dia adalah yang mampu menyejahterakan masyarakat secara sosial mapupun ekonomi melalui kriteria dan potensi yang dimilikinya.

Kesimpulan

Menjadi Pemimpin Ideal memang tidak mudah, karena status itu dinilai dan diberikan langsung oleh masyarakat. Bagi seorang Pemimpin, untuk dapat menjadi Ideal di mata masyarakat, maka semua potensi yang ia miliki, kriteria-kriteria seperti cerdas, jujur, adil, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan lain sebagainya haruslah digunakan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang berorientasi kepada masyarakat, bagaimana agar kebijakan yang di buat mampu menyejahterakan masyarakat baik secara sosial maupun ekonomi.